Sales Popup
Surat, Gujarat
6 hours ago
Left Continue shopping
Your Order

You have no items in your cart

You might like
From Rp 79.000,00 Rp 128.000,00
Show options
Rp 23.900,00 Rp 28.000,00
Tips Menentukan Pricelist untuk Makeup Artist Pemula

Tips Menentukan Pricelist untuk Makeup Artist Pemula

Siapa yang menyangka pekerjaan mendandani orang lain dapat menjadi peluang bisnis? Awalnya hanya artis, pemain film, dan model yang membutuhkan jasa makeup artist. Kini, makeup artist dibutuhkan semua orang untuk momen penting dalam hidupnya, seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda dan lainnya. 

 

Banyak yang mengawali profesi ini dari sekedar hobi, lalu menjadi pekerjaan utama. Tidak sedikit juga yang sampai harus meninggalkan pekerjaannya di luar sana demi fokus menjadi makeup artist (MUA). Dari semua pengorbanan yang sudah dilakukan, tentu harus ada harga yang dibayar.

 

Namun, menentukan harga bagi seorang makeup artist tidaklah mudah. Jika memasang harga yang terlalu mahal, tanggung jawab untuk memenuhi ekspektasi klien jadi lebih tinggi. Tapi memasang harga yang murah juga bisa menciptakan impresi yang buruk bagi jasa yang ditawarkan. Untuk itu, penentuan harga ini harus dipikirkan secara matang. 

 

Berikut adalah tips yang dibagikan makeup artist profesional dalam video “Mercredi Interview”, Yongky Lay untuk menentukan pricelist atau harga yang sesuai untuk jasa makeup artist. 

 

  • Tentukan gaya atau spesialisasi makeup 

 

Makeup artist profesional, Yongky Lay mengatakan bahwa seorang makeup artist profesional harus memperbanyak portofolio dan mampu menentukan standar gaya make up nya sendiri. “Sebagai makeup artist itu harus punya patokan makeup yang baik itu harus gimana. Misalnya makeup aku lebih ke menyesuaikan dan memantaskan wajah klien. Tapi aku punya guidelines yang jelas, makeup yang bagus seperti ini. Makeup soft banget juga nggak, makeup terlalu bold juga nggak,” ungkap Yongky. 

 

Yongky Lay juga menegaskan bahwa harga dari karya makeup artist berbeda-beda sesuai dengan spesialisasi dan kemampuan masing-masing individu.“Menentukan pricelist bagi jasa makeup artist benar-benar personal sekali, itu urusan kamu dan kemampuan kamu. Kamu sendiri yang tahu dan harus menentukan.” 

 

  • Hitung biaya yang dikeluarkan 

 

Selanjutnya, penting untuk menghitung biaya yang dikeluarkan untuk pergi ke tempat klien. Jangan sampai keuntungan yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan pengeluaranmu. Apakah kamu akan memberikan tarif terpisah untuk transportasi, atau include dalam harga jasa makeup-mu dengan harga yang sama baik jauh maupun dekat.

 

Yongky Lay, di dalam wawancaranya bersama Mercredi, menyarankan agar makeup artist tidak menentukan pricelist dari produk yang digunakan. “Jangan pernah kasih pricelist berdasarkan produk kita, karena klien tidak akan peduli produk apa yang kamu gunakan. Semua klien yang awam soal makeup akan berpikiran semua produk sama saja,” jelas Yongky. 

 

  • Market survey dan local rate

Sebelum menjadi seorang makeup artist seharusnya kamu menentukan target market atau klien yang ingin kamu jangkau. Oleh sebab itu kamu harus melakukan market survey agar mengetahui kebutuhan dari klien. Selain melakukan market survey, kamu juga harus mengecek pricelist atau harga jasa makeup artist lain di daerahmu. 

 

Tujuannya agar kamu tidak mematok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk jerih payahmu sendiri. Kuncinya, harga yang kamu tetapkan untuk jasa makeup, harus mampu bersaing dengan makeup artist lainnya. Setelah, namamu lebih dikenal dan menjalin hubungan yang kuat dengan klien, kamu bisa menaikkan harga jasamu. 

 

Yongky Lay berpesan kepada makeup artist yang baru meniti karier, “Intinya, perbanyak  portofolio makeup, terus update dengan referensi  trend makeup yang ada dan aktif di media sosial. Tiada hasil yang menghianati usaha, kalau kalian berusaha pasti ada hasilnya. Tetap semangat!” Nah, sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi, deh, dalam menentukan harga atau price list jasa makeup-mu!

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.