Sales Popup
Surat, Gujarat
6 hours ago
Left Continue shopping
Your Order

You have no items in your cart

You might like
Rp 119.000,00 Rp 128.000,00
Rp 26.600,00 Rp 28.000,00
 Interview Creator Of The Year – Priscilla Septyanti, How to Start to Become MUA Creator & Modal yang diperlukan

#InspirasiMUA : Interview Creator Of The Year – Priscilla Septyanti, How to Start to Become MUA Creator & Modal yang diperlukan

Menjadi seorang makeup artist (MUA) adalah pilihan karier yang sedang digandrungi banyak orang, terutama mereka yang hobi dengan makeup. Perkembangan teknologi memudahkan perempuan Indonesia untuk bisa belajar makeup, baik secara otodidak melalui sarana sosial media maupun belajar privat dengan para makeup artist profesional. 

Kini banyak makeup artist yang juga menyambi sebagai content creator, mereka dijuluki makeup artist (MUA) creator. Sebagai MUA creator, mereka tidak hanya menerima jasa merias klien, tetapi juga membuat konten di sosial media tentang makeup dan produk kecantikan. Bagi para MUA creator, sosial media dipergunakan sebagai sarana promosi jasa sekaligus mendapat penghasilan tambahan. 

Namun, dalam membuat konten seringkali muncul banyak pertanyaan dari makeup artist, seperti ‘Bagaimana cara menyeimbangkan waktu sebagai makeup artist dan content creator?’ dan ‘Apa saja modal yang diperlukan untuk memulai sebagai  MUA creator?”. Untuk memberikan gambaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Artisan Pro mewawancarai makeup artist, Priscilla Septyanti yang berprofesi sebagai makeup artist sekaligus content creator. 

Priscilla Septyanti memulai kariernya sebagai content creator tanpa ia sadari jauh sebelum menjadi makeup artist. “Sebenarnya, secara tanpa sadar aku sudah ‘create content’ sebelum aku jadi makeup artist (MUA). Karena dulu aku menjual hijab, jadi aku sudah buat video tutorial dan teaser-teaser untuk produk hijabku,” ungkapnya. 

Seiring berjalannya waktu, Priscilla Septyanti memulai  kariernya sebagai makeup artist untuk mendapatkan penghasilan sampingan, sembari tetap masih bekerja di kantor. Berawal dari iseng, Priscilla membuat video singkat di akun Instagram pribadinya, @prscillas. Priscilla Septyanti  mengatakan, “Aku tipe orang suka share apa aja yang aku punya dan aku review makeup apa yang aku beli. Ternyata audiens aku suka banget dengan konten yang tersedia di platform sosial mediaku.” 

Modal yang diperlukan untuk membuat konten ala Priscilla Septyanti 

Priscilla Septyanti mengawali kariernya sebagai content creator hanya berbekal handphone. “Untuk content creator pemula, aku merekomendasikan handphone yang memadai untuk melakukan shooting konten video dan mengedit videonya. Pilihlah handphone dengan kamera yang memadai atau mendekati warna asli. Hasil konten dari handphone tidak kalah bagus dengan kamera asalkan kita bisa menggunakannya dengan baik,” jelasnya.

Saat Priscilla mulai mendapat penghasilan dari konten yang dibuatnya berupa kerja sama dengan berbagai brand produk kecantikan. “Jika sudah ada penghasilan dari konten tersebut, aku berusaha untuk membuat konten semaksimal dan sebaik mungkin,” tuturnya. Untuk membuat konten yang maksimal, ia mulai menyisihkan pendapatan untuk membeli kamera jenis  mirrorless dengan standar yang memadai untuk mengambil video. 

Disamping itu, Priscilla mulai memperkaya diri dengan ilmu mengedit konten video, “Sebagai content creator, kita harus banyak riset. Banyak ngulik tentang aplikasi yang menjadi tumpuan utama kita untuk mengedit video konten kita. Dengan kebiasaan kita banyak belajar tentang melakukan shoot video dan mengedit video, kita akan menghasilkan konten yang berkualitas.” Menurut Priscilla, seorang content creator tidak harus jago mengedit video, tetapi harus memiliki kemauan untuk belajar dan membiasakan diri dengan aplikasi yang ada. 

 

Kemampuan yang harus dimiliki content creator  

Selain kemauan untuk belajar, kemampuan utama yang wajib dimiliki oleh content creator  adalah keinginan untuk berbagi dan konsisten dalam membuat konten. “Aku suka berbagi ilmu yang sekiranya bisa bermanfaat buat orang banyak. Selain itu, penting untuk membangun komunikasi dengan audiens. Karena mereka adalah support system kita, konten kita tidak akan ‘viral’ jika tidak ada mereka,” jelas Priscilla Septyanti. 

Berbekal dari kemauannya untuk berbagi ilmu makeup dan mereview produk, Priscilla juga sudah memiliki lebih dari 120 ribu followers di Instagram dan 30.000-an views di setiap konten video yang dipostingnya. 

Priscilla Septyanti  mengaku, awalnya tidak mudah untuk mempertahankan konsistensinya, tetapi ia tetap menikmati prosesnya. Ada kalanya, Priscilla merasa jenuh dan stuck dengan ide konten, tetapi ia lebih memilih untuk beristirahat sejenak untuk mengembalikan moodnya. Priscilla mengatakan, “Jangan menganggap pekerjaan sebagai  beban. Apalagi kalau lagi capek, tidak bisa mengedit video dan tidak bisa post konten,  it’s okay banget buat rest. Jangan sampai kerjaan kita membuat badan kita jadi tidak sehat.” 

Setelah fase jenuhnya selesai, Priscilla kembali konsisten meluangkan waktu untuk menulis skrip, melakukan shooting, mengedit dan memposting konten. Selain menjadi content creator, Priscilla Septyanti masih menekuni pekerjaannya sebagai makeup artist dan guru privat makeup

Kunci suksesnya untuk menjaga konsistensi adalah menetapkan skala prioritas dengan menjadwalkan segala kegiatannya. Biasanya Priscilla Septyanti mempergunakan waktunya sebaik mungkin, “Weekday biasanya aku mengajar kelas privat, menerima jasa makeup regular dan membuat konten. Sementara itu, saat weekend aku menerima jasa makeup wedding,” ungkapnya. 

Priscilla Septyanti memiliki prinsip untuk menjalani kesibukannya dengan hati yang gembira, “Karena aku menyukai pekerjaanku, aku tidak pernah menganggap kesibukanku sebagai beban  berat. Sehingga apa yang aku kerjakan setiap harinya, aku berusaha memberikan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Ibarat gayung bersambut, kesungguhan Priscilla menekuni bidangnya, terbukti dengan pencapaiannya. Priscilla Septyanti dianugerahi award sebagai Artist Of Influence Of The Year 2022 oleh Artisan Pro dan menjadi finalis TOP 30 dalam ajang #MonArtisanLesstars 2021. 

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.