Sales Popup
Surat, Gujarat
6 hours ago
Left Continue shopping
Your Order

You have no items in your cart

You might like
From Rp 79.000,00 Rp 128.000,00
Show options
Rp 23.900,00 Rp 28.000,00
Pelajari Teknik untuk Create Look Makeup Pageant ala SM Makeup Stylist

Pelajari Teknik untuk Create Look Makeup Pageant ala SM Makeup Stylist

Dibalik kecantikan paras putri Indonesia, ada kerja keras seorang makeup artist. Makeup artist khususnya untuk acara beauty pageant alias ajang kecantikan dituntut untuk memberikan riasan yang bold pada bagian mata, tetapi tetap simple dan effortless. 

 

Kendala yang sering ditemui oleh makeup artist adalah berpacu dengan waktu pada ajang kecantikan dan menerapkan teknik makeup yang benar agar makeup tahan lama. Tidak semua makeup artist mendapat kesempatan untuk merias putri Indonesia. 

 

Salah satu yang beruntung adalah makeup artist, Samuel Marcellino atau yang lebih dikenal sebagai dengan sebutan SM makeup stylist mendapat kesempatan untuk merias peserta puteri Indonesia sejak 2018 hingga 2022. Ia sudah mendandani Puteri Indonesia Kalimantan Tengah 2022, Stella Maukar hingga Putri Pariwisata Indonesia Sulawesi Selatan 2022, Dita Ayu Wulandari. 

 

“Hal yang membedakan makeup untuk ajang pageant dengan makeup beauty atau wedding adalah kita sebagai makeup artist harus lebih presisi. Mulai dari bagian contour wajah, alis, mata hingga bibir. Beauty pageant berbeda dengan makeup untuk wedding, kalau makeup untuk beauty pageant ingin menonjolkan dimensi pada wajah dengan contouring dan tampilan smokey eyes,”  jelas SM makeup stylist. Dalam Instagram Live Mercredi Universe Class, SM makeup stylist membagikan teknik makeup beauty pageant yang bisa dipelajari. 

 

  • Skincare menjadi poin utama makeup beauty pageant

Skincare adalah poin utama ketahanan makeup untuk ajang beauty pageant. Sebelum memasuki tahap skin preparation, SM makeup stylist menggunakan setting spray agar wajah lebih lengket dan makeup lebih tahan lama. 

 

Setelah itu, pada tahap skin preparation gunakan pelembab di wajah, aplikasikan dengan jari tangan. Teknik jari tangan digunakan agar skincare lebih meresap pada bagian pori-pori di wajah dan suhu jari biasanya menyesuaikan wajah.  Aplikasikan pelembab berbentuk cream pada tulang hidung dan under eye. 

 

  • Gunakan warna foundation harus satu tingkat lebih gelap dibandingkan warna kulit 

Salah satu bagian terpenting dalam makeup beauty pageant adalah bagian complexion. Sam makeup artist menggunakan foundation dengan warna tone down atau warna foundation satu tingkat lebih gelap dibandingkan warna kulit klien atau model. 

 

“Makeup untuk beauty pageant memiliki standar warna kulit agak tanned, menyerupai perempuan Amerika Latin. Selain itu, saat on stage, ketika kita menggunakan bedak atau foundation terlalu putih atau lebih cerah dari kulit asli, cahaya kamera yang terpantul ke wajah menyebabkan bentuk muka flat, “ jelas SM makeup stylist atau Sam. Ia menuturkan makeup pageant harus bermain dengan contouring agar lebih berdimensi. 

 

Untuk cara mengaplikasikan foundation, Sam menggunakan jari jemari dan mencampurkannya dengan teknik blend menggunakan beauty blender. “Cara mengaplikasikan foundation secukupnya per bagian di wajah, jangan langsung totol-totol. Dengan teknik totol, nge-blend foundation akan lebih lama, karena tidak merata dan cepat kering,” jelas Sam yang merupakan finalis Top 30 Mon Artisan Les Stars 2022. 

 

Untuk complexion, Sam lebih suka menggunakan liquid foundation daripada cream foundation. Karena menurutnya, liquid foundation memberikan kesan glowing dan tahan lama,  tanpa terlihat dempul. Jika menggunakan cream foundation, tampilan wajah akan terlihat berlapis. 

 

Berbeda dengan foundation, Sam lebih suka menggunakan concealer dengan shade yang 3 kali lebih terang dari warna kulit biasanya. Sehingga warnanya tetap ada ketika dibaurkan dengan contour dan blush. Concealernya diaplikasikan di bawah mata dengan menggunakan jari tangan dan diratakan dengan beauty blender. 

 

  • Perhatikan pemilihan contour, bronzer, highlighter  dan blush 

 

Untuk menggantikan fungsi bronzer dan contour powder dan memberikan dimensi pada wajah, SM Makeup Stylist  menggunakan compact powder dengan shade gelap.  Aplikasikan dengan menggunakan kuas dan ratakan dengan powder puff Houpette Supreme dari Mercredi, agar compact powder meresap ke permukaan kulit. 

 

Houppette Suprême adalah powder puff untuk mengaplikasikan produk makeup powder. Dirancang dengan bentuk segitiga, ujung lancipnya dapat menjangkau seluruh sudut-sudut wajah yang sulit seperti sudut dalam mata dan smile line. 

 

Cara mengaplikasikan compact powder sebagai contour adalah dengan menepuk-nepuk, agar tidak merusak settingan awal. Kalau kalian merasa kesulitan untuk menggunakan teknik ini, pegang kuas diujung agar lebih leluasa menepuk. Aplikasikan contour pada tulang rahang, dari samping wajah hingga sisi bibir. 

 

SM Makeup Stylist lebih suka  menggunakan blush on, dibandingkan cream blush pada makeup pageant. “Karena cream blush itu kebanyakan shade yang pink dan orange, padahal makeup untuk tampilan beauty pageant tidak boleh terlalu pink. Tampilan beauty pageant  yang dihasilkan adalah lebih kecoklatan atau seperti kulit asli. Aplikasikan blush dengan kuas pada tulang pipi mengikuti pola contour, “ jelasnya. 

 

  • Mengaplikasikan setting powder Mercredi Poudre D'Essence Couture (PDC) 

 

Produk yang harus dimiliki oleh makeup artist untuk mendandani kontestan beauty pageant adalah setting powder. SM Makeup Stylist menyarankan untuk menggunakan setting powder dari Mercredi Poudre D'Essence Couture (PDC) dengan shade translucent 01 dan aplikasikan dengan puff dari Houpette Supreme. 

 

Mercredi PDC memiliki partikel kecil yang akan memberikan kehalusan maksimal dengan hasil velvet. Tahan hingga 24 jam, dan disempurnakan dengan formula yang tidak membuat kering sehingga makeup tidak akan retak & menyembunyikan garis-garis halus pada wajah.   Hadir dalam tiga shade yaitu, translucent 01, translucent 02 dan translucent 03.  

 

Shade translucent 01 dipilih Karena warnanya lebih transparan dan tidak feedback saat terkena cahaya. SM Makeup Stylist mengungkapkan tips ampuh untuk makeup pageant yaitu, menggunakan setting powder dengan shade lebih terang satu tingkat diatas warna kulit. Agar makeup yang dihasilkan seimbang, sehingga tidak terkesan dempul dan berdimensi.

 

  • Hadirkan tampilan alis serat yang seimbang mengikuti struktur tulang 

 

Buatlah bingkai garis pada bagian bawah dan atas. Lalu, isi bagian dalam dengan pensil alis dengan warna dark brown. Ratakan bagian depan dengan kuas. 

 

Uniknya, SM Makeup Stylist lebih suka menggunakan sabun batangan sebagai pengganti brow wax. Fungsinya untuk mengangkat dan membentuk alis. Setelah menggunakan sabun, aplikasikan brow mascara secukupnya pada bagian tengah alis.  Rapikan sisi alis yang belum rata dengan concealer. 

 

Sam mengungkapkan, “Tips untuk membuat alis untuk makeup beauty pageant, alis tidak bisa sama persis karena bone structure kita memang asimetris. Biasanya beauty pageant menyukai alis dengan serat tebal, menampilkan kesan fierce (garang) tidak boleh lurus saja.”

 

  • Kunci dari makeup pageant adalah smokey eyes 

 

Untuk base makeup, Sam menggunakan concealer dan membaurkannya di kelopak mata. Lalu, gunakan eyeshadow dengan warna basic pada kelopak mata. Warna basic yang digunakan adalah warna coklat muda, fungsinya sebagai warna transisi. 

 

Teknik mengaplikasikan eyeshadow yang benar  adalah dengan kuas, membaur dan tarik ke samping agar mata lebih panjang. “Buatlah garis di atas kelopak mata dengan shade lebih gelap menyerupai cut crease dan baurkan. Tampilan mata untuk makeup beauty pageant memang membutuhkan waktu yang lama,” kata Sam yang berdomisili di Jakarta dan Singapura.  

 

Pada bagian kelopak mata gunakan warna coklat tua agar menampilkan efek gradasi. Terakhir, timpa dengan warna coklat glitter, ditengah crease mata. SM Makeup Stylist menggunakan eyeliner Artisan Pro Bonne Nuit pada area tightline mata. Tambahkan eyeliner spidol untuk menebalkan garis mata. Tekniknya adalah dengan menarik garis dari dalam mata keluar, tambahkan wing. 

 

Tahapan selanjutnya adalah menempelkan bulu mata palsu. Sam mengaku tidak menggunakan teknik jahit ataupun obras, ia hanya menumpuk tiga lapisan bulu mata.  “Jika tidak dijahit, tekniknya bulu mata palsu dijepit terlebih dahulu dengan jepitan bulu mata. Tujuannya agar bulu mata lebih lentik. Bulu mata layer pertama, aku menggunakan bulu mata dari Mercredi dengan kode 531,” ungkapnya. Agar ukuran mata sejajar, tempelkan scot mata pada kelopak mata. 

 

Bulu mata layer kedua, digunakan untuk memberikan statement. Sam menggunakan bulu mata Mercredi dengan kode 322 yang cocok dipakai sehari-hari.  Ia mengoleskan lem bulu mata pada tulang bulu mata palsu, lalu menempelkan bulu mata palsu ke mata menggunakan pinset. 

 

Terakhir, bulu mata layer ketiga, menggunakan bulu mata Artisan Pro dengan kode 1720. “Cara mengaplikasikannya potong kedua ujung bulu mata dengan patokan empat ruas dalam dan luar. Kemudian, gunakan bulu mata bagian pada tengah untuk menambah kesan mata memanjang dan bulat,” kata Sam. 

 

  • Gunakan lip liner agar riasan bibir lebih rapi 

 

Pertama-tama, gunakan pelembab bibir terlebih dahulu agar bibir lebih terlihat sehat. 

Lalu, gambar garis bibir dengan lip liner berwarna pink mauve. Untuk bibir tipis, gambar garis bibir melebihi garis bibir pada umumnya (overline). 

 

“Untuk makeup pageant, lebih banyak bibir dibuat overline karena its all about perfection. Jangan lupa gambarkan garis tengah di bibir bagian bawah,” ungkap SM Makeup Stylist.   

 

Tambahkan lip cream dengan menggunakan kuas kecil hingga menutupi garis bibir. Tujuannya menambahkan kesan ombre dan dimensi. “Terakhir, tambahkan lip cream dengan tekstur glossy dan shine. Aku pribadi tidak merekomendasikan penggunaan lip gloss karena kesannya akan berminyak,” tuturnya. 

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.