Sales Popup
Surat, Gujarat
6 hours ago
Left Continue shopping
Your Order

You have no items in your cart

You might like
From Rp 79.000,00 Rp 128.000,00
Show options
Rp 23.900,00 Rp 28.000,00
Bongkar Teknik Makeup Basic ala Makeup Artist, Yongky Lay

Bongkar Teknik Makeup Basic ala Makeup Artist, Yongky Lay

Makeup adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang perempuan. Dalam mempelajarinya sebenarnya setiap perempuan memiliki seleranya masing-masing. Akan tetapi penggunaan makeup dengan urutan yang benar akan menambah hasil yang lebih baik dan maksimal ketimbang melakukannya dengan asal-asalan atau sembarangan.

 

Dalam Mercredi Univers Class, Makeup Artist Profesional, Yongky Lay membagikan teknik makeup basic yang mudah untuk dipelajari dan diterapkan oleh makeup artist pemula. Berikut  informasi lengkap mengenai teknik makeup basic ala Makeup Artist, Yongky Lay. 

 

  1. Bersihkan dan persiapkan wajah dengan baik 

 

Sebelum memulai makeup, pastikan wajah dalam keadaan bersih, tidak ada bekas moisturizer atau noda yang tersisa. Agar makeup bisa meresap ke kulit dengan sempurna. Berikut adalah  beberapa tips untuk membersihkan wajah dengan baik.  

 

  • Gunakan toner untuk mengikat makeup dan mengeksfoliasi kulit. Pilih jenis toner dengan konsistensi kental dan aplikasikan dengan kapas ke seluruh bagian di wajah. 

 

  • Setelah menggunakan toner, aplikasikan serum ke bagian wajah dengan jari tangan agar lebih meresap. Hindari serum dengan kandungan bahan aktif dan pemakaian krim dari dokter, karena akan berpengaruh pada kondisi kulit dan ketahanan complexion makeup. 

 

  • Lalu, gunakan moisturizer di area hidung dan di bawah mata hingga pipi. Jika kulit di bawah mata terlihat berminyak, gunakan eye cream untuk menyamarkan. Untuk melembabkan area bibir gunakan lip balm. 

 

  1. Bagian Complexion 

 

  • Campurkan warna foundation dengan shade warna paling terang dengan paling gelap untuk menghasilkan warna yang sesuai dengan warna kulit. Lalu, aplikasikan foundation dengan beauty blender lembab ke wajah. Pada tahap ini dibutuhkan kesabaran dari makeup artist, tap-tap beauty blender  hingga foundation merata.

 

  • Setelah foundation, aplikasikan bronzer cream di sisi pinggir wajah menggunakan brush dan contour pada bagian tulang hidung dengan menggunakan  spons kotak. 

 

  • Gunakan cream blush di tulang pipi dengan warna coral peach. Tipsnya adalah mengaplikasikan blush sembari dalam keadaan model atau klien tersenyum agar posisi tulang pipi lebih terlihat dan terangkat. 

 

  • Penggunaan concealer juga penting sebagai cara make up untuk pemula agar terlihat natural dan tahan lama, terutama bagi kamu yang punya beberapa imperfections pada kulit, seperti bekas jerawat, bintik hitam, dan kantung mata. Aplikasikan  concealer pada bagian  undereye dan ujung hidung.  

 

  • Untuk mengunci complexion, gunakan loose powder dari  Mercredi PDC. Mercredi PDC memiliki butiran halus sehingga saat ditekan dengan puff atau dibaurkan dengan kuas ke kulit wajah akan terasa sangat halus dengan hasil velvet. Tipsnya di bagian tengah wajah gunakan Mercredi PDC shade translucent 01, sedangkan di bagian samping menggunakan shade translucent 02. 

 

  1. Bagian Mata 

Selanjutnya diteruskan dengan tahap mempercantik bagian mata. Berikut adalah beberapa cara untuk basic makeup mata. 

 

  • Untuk pemula, akan lebih mudah menggunakan eyeshadow base di kelopak mata dengan warna bronze dan cooper. Tipsnya, gunakan warna lebih terang pada bagian crease Di sisi ujung mata gunakan warna yang lebih gelap. 

 

  • Blend eyeshadow dengan kuas pipih. Untuk mengaplikasikan eyeshadow jangan  pegang kuas dengan teknik menulis tetapi pegang diujung dengan teknik mengambang. Tekan dengan lembut dan searah. 

 

  • Setelah eyeshadow, tambahkan eyeliner Pro Dessiner- Bonne Nuit dari Artisan Pro di tightline mata atas. Sedangkan, untuk tightline bagian bawah mata, aplikasikan eyeliner dengan kuas kecil tipis. Pro Dessiner - Bonne Nuit merupakan eyeliner gel berbentuk pensil mekanik dengan ujung runcing yang dilengkapi dengan rautan. 

 

  1. Gunakan Bulu Mata yang Menyesuaikan Tampilan 

           

Bagian mata adalah bagian yang paling kompleks. Untuk bulu mata palsu, Yongky Lay menggunakan dua layer bulu mata palsu yang ditumpuk. Layer pertama, Yongky menggunakan Mercredi kode 531. Bulu mata ini dirancang dengan bentuk bulat yang cocok untuk semua jenis mata dan makeup look. Sementara untuk layer kedua, gunakan bulu mata palsu Mercredi kode 325. 

 

Berikut adalah beberapa tips dari Yongki Lay, seputar bulu mata palsu : 

 

  • Tips memilih bulu mata menurut Yongky Lay, gunakan bulu mata tulang keras dan elastis dahulu. Lalu, ditumpuk dengan bulu mata bertekstur tipis dan bercabang.

 

  • Perhatikan cara melepaskan bulu mata dari tray. Jangan mengambil bulu mata palsu dengan pinset atau dari tengah karena tulang bulu mata akan patah. Agar bulu mata tidak rusak, tekuk tray lalu ambil bulu mata dari samping.

 

  • Untuk teknik mengelem bulu mata, Yongky mengelem tulang bulumata, lalu tempelkan bulu mata diatas crease, sisir perlahan agar lem  tidak menggumpal.Terakhir, tambahkan scot dengan ukuran small long. Semprotkan sedikit air, tempelkan di antara area lipatan mata. 

 

  1. Bagian Alis 

 

Ada berbagai jenis alis yang bisa dipelajari. Berikut cara untuk merapikan bagian alis yang belum rapi dan  alis yang sudah disulam : 

 

  • Langkah awal, bisa dimulai dari merapikan alis, kemudian menggunakan brow wax dengan spoolie yang baru. Sisir ke atas, agar rambut alis berdiri gunakan lem pada alis. Lem disini berfungsi untuk memastikan agar bulu alis dapat berdiri tegak lurus dan lebih mudah disisir. Lalu, gunakan pensil alis untuk menggambar serat rambut alis. Rapikan sisi-sisi alis dengan

 

  • Dalam berbagai kasus makeup artist banyak menemukan klien dengan alis yang sudah di sulam. Tips untuk menghadapi klien dengan alis sulam, timpa alis dengan foundation lalu buatlah bingkai baru. Kalau alis bagian belakang lebih rendah dari depannya alis bisa ditimpa concealer,  gambar bingkai alis sedikit ke atas atau  angkat  alis menggunakan lem kertas.


  1. Bagian Bibir 

 

Tahapan terakhir dalam step makeup untuk pemula berikutnya adalah menggunakan lipstik agar wajah kamu tidak terlihat pucat. Agar tampil lebih natural dan menghasilkan kesan ombre lips gunakan lipstik nude, lalu tambahkan lipstik  yang berwarna coral pink lebih tua di bagian dalam bibir. 

 

Bagaimana, mudah bukan? Makeup basic anti ribet ini bisa diterapkan di rumah atau dengan klien. Selamat mencoba step makeup basic ini dan semoga berhasil ! 

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.